Kumpulan Soal Latihan Pemrograman Dasar Kelas X RPL


Kumpulan Soal Latihan Pemrograman Dasar Kelas X RPL

Soal latihan Pemrograman Dasar - Menjelang akhir semester pasti di sibukkan dengan berbagai persiapan menjelang Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau yang di kenal sekarang sebagai Penilaian Akhir Tahun (PAT), salah satunya adalah mengerjakan berbagai contoh soal. Dalam postingan kali ini catatan-pelupa akan sedikit berbagi beberapa contoh soal latihan mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Tipe soal yang di bagikan bukan berupa PG (Pilihan Ganda) namun berupa tipe soal true & false disertai dengan essai. Untuk melatih kawan-kawan dalam menghadapi ulangan saya rasa beberapa soal ini dapat sedikit membantu dan menambah pengetahuan kalian.

Berikut soal-soal Pemrograman Dasar Kelas X RPL
I. Isilah dengan memilih true (benar) atau false (salah) untuk setiap pernyataan berikut !
1. Ketika kita ingin membuat sebuah variabel yang berisi bilangan bulat, kita dapat menggunakan tipe data “float”. (true/false)
2. Setiap variabel akan memiliki nama (identifier) dan nilai, kita bisa mendeklarasikan variabel hanya di akhir program. (true/false)
3. Konstanta merupakan sebuah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah, perbedaan konstanta dan variabel terletak pada nilai yang dimilikinya. (true/false)
4. Ada sebuah kondisi dimana terdapat dua pernyataan yang bernilai benar / salah (true / false) di dalam sebuah program, untuk dapat mengatasi kondisi tersebut kita dapat menggunakan tipe data “boolean”. (true/false)
5. Fungsi utama dari pemrograman yaitu memberi instruksi/perintah pada komputer untuk memproses data sesuai dengan jalur dan cara berfikir seorang programmer. (true/false)
6. Bahasa pemrograman memiliki tiga tingkatan dimana salah satunya adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang menggunakan instruksi dari bahasa manusia. (true/false)
7. Untuk membuat sebuah algoritma percabangan dengan menggunakan flowchart kita dapat menggunakan simbol “decision”. (true/false)
8. Jika dalam pengulangan while kita tidak tentukan pencacah naik atau turun (increment), maka pengulangan tidak akan pernah berhenti. (true/false)
9. Diketahui bahwa kantong X berisi 7 buah kelereng. Kantong Y berisi 10 buah kelereng dan kantong Z berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan di katakan BUKAN kantong X yang terbawa, Maka jumlah kelereng yang terbawa adalah 10 dan 15. (true/false)
10. Struktur dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengambil keputusan adalah dengan menggunakan instruksi do while. (true/false)

Untuk kunci jawaban bisa request di komentar ya, selamat ujian. Semoga apa yang kalian inginkan dapat tercapai. Amiin

0 Response to "Kumpulan Soal Latihan Pemrograman Dasar Kelas X RPL"

Post a Comment